Monday, September 7, 2015

MENGENAL TOOLS PADA SOFTWARE EDITING

Halllooo :)

Saya kembali dengan lanjutan dari belajar editingnya. Bahasan yang kemarin itu sebenarnya masih panjang, tapi saya keep dulu karena ada satu hal yang lebih penting dari itu. Belakangan ini lagi marak dibicarakan isi blog dan foto kita yang di bajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Huff itu rasanya begitu menyebalkan ya! Apalagi kalau kita tidak memberikan foto kota label watermark lebih nyebelin lagi... Karena itulah saya ingin berbagi bagaimana caranya membuat water mark pada foto kita. Tapi sebelum itu saya akan perkenalkan dulu tools yang ada di photoshop. 

Oke, ga berlama, saya mulai ya... Saya mencontohkan tools yang ada di photoshop CS 3. Kalau yang kamu punya Photoshop CS 6 ga masalah, karena toolsnya sama. Cuma berbeda warna backgroundnya aja.



Oke, tools yang akan selalu kita pakai adalah move tool . Fungsi dari move tool ini adalah memindahkan obyek layer, termasuk layer background.
Lalu ada rectangular marquee tool. Fungsinya adalah untuk membuat garis putus-putus. Garis ini bisa di isi dengan obyek ataupun berupa garis ( stroke)
Selanjutnya ada polygonal lasso tool. Fungsinya untuk menseleksi bagian yang ingin di edit atau dipindahkan.
Selanjutnya ada crop tool . Fungsinya untuk mematong secara presisi gambar yang diinginkan.

Contoh penggunaannya saya jelaskan di part berikutnya tentang water mark.





Tools selanjutnya , ada brush tool. Fungsinya untuk melukiskan sesuatu. Ini juga nanti yang akan digunakan dalam membuat water mark itu.
Lalu ada clone tool. Ini berfungsi sebagai stempel. dalam artian tool ini akan menduplikasikan sample warna terdekatnya sebanyak yang kita inginkan. Tool ini biasanya digunakan saat menghilangkan bagian yang tidak diinginkan, misalnya jerawat, garis halus, dll.
Lalu ada patch tool. Fungsinya mirip dengan clone tool, hanya saja penggunaannya di geser, mendekati sample warna yang mirip dengan bagian yang terseleksi. Tool ini juga digunakan utnuk melakukan editing pada wajah.
Selanjutnya ada eraser tool. Fungsi umumnya untuk menghapus sesuatu, akan tetapi ada penggunaannya yang lebih kompleks dari sekedar menghapaus. Eraser tool lebih lanjut akan saya jelaskan di part yang berbeda.




Lanjut ya.. Selanjutnya ada gradient tool. Ini fungsinya untuk membuat background yang warnanya bergradasi. 
Lalu ada burn tool. Bentuknya seperti tangan yang sedang melakukan sesuatu. Fungsi dari tool ini adalah untuk menggelapkan bagian dari gambar. Tool ini biasanya digunakan untuk editing foto wajah. Misalnya, shading hidung yang tidak begitu nampak pada foto, di gelapkan dengan menggunakan tool ini.
Selanjutnya pen tool. Bentuknya seperti pena, fungsinya untuk menseleksi dengan lebih rapi atau membuat bentuk baru yang diinginkan.
Lalu ada text tool. Ini adalah tool untuk text ( tulisan).




Bagian terakhir dari tool awal adalah ini. Ada custom shape tool. Ini fungsinya untuk membuat bentuk-bentuk yang tidak umum, misalnya bentuk bunga, daun, amplop, dll.
Selanjutnya ada eyedropper tool. Fungsinya untuk mencari sample warna dari gambar. Ini digunakan saat kita hendak meratakan warna kulit, membuatnya menjadi mulus.
Lalu ada hand tool. Bentuknya seperti tangan. Fungsinya berdampingan dengan zoom tool. Zoom tool utnuk memperbesar tampilan gambar, sedangkan hand tool fungsinya untuk menggeser bagian yang ingin dilihat setelah gambar itu ter zoom.

Nah, gambar kotak yang saling berdampingan di bawah zoom tool itu adalah foreground color ( yang warna hitam) dan background color ( yang warna putih) Warna itu bisa dirubah dengan mengklik nya dan bisa ditukar antara foreground dan backgroundnya.

Di bawahnya lagi, itu adalah untuk malakukan masking. Di part yang lain akan saya jelaskan, karena hal itu berhubungan dengan bagian lainnya yang lebih kompleks.

Sampai disini bagaimana? Sudah bingung? :D

Saya lanjutkan lagi sedikit ke bagian layer ya.. Karena ini juga merupakan hal yang paling mendasar untuk belajar editing.



Panel layer ada di sisi kanan dari ruang kerja, di bagian yang saya lingkari itu. Layer akan terlihat mati jika belum ada gambar yang dimaksukkan ke dalam ruang kerja.



Saya ambil contoh salah satu gambar ini. Saat gambar sudah saya masukkan di ruang kerja, panel layer akan aktif dan langsung memberikan keterangan bahwa gambar saya itu adalah background dan terkunci. Artinya tidak bisa di geser, sebelum kunci itu dibuka. Cara membukanya sangat mudah. jadikan layer backgorund itu menjadi layer 0 maka akan bisa di hapus ataupun dipindahkan. Untuk lebih jelasnya akan saya beritahuan di lain post.





Selanjutnya saya akan menjelaskan singkat tools apa saja yang ada di panel layer ini. Yang pertama disebut link layer. Fungsinya untuk menghubungkan layer satu dengan yang lainnya agar mudah di kelompokkan. Lalu ada Add a layer style ( maaf di gambar saya salah ketik). Fungsinya untuk memberikan bayangan, stroke, efek emboss, dll. Lalu ada Add layer mask. Nah ini yang tadi sama dengan yang di panel tool di atas. Yang ini penggunaannya lebih spesifik. Ini digunakan untuk melakukan editing seperti mengganti latar belakang foto.
Disamping lagi ada Create a new fill or adjustment. Ini sama dengan bahasan yang kemarin di part 1 soal image. Hanya saja di bagaian panel layer ini, ukuran dan tingkat editingnya masih bisa di rubah.
Lalu ada group layer. Jadi kita bisa membuatnya menjadi lebih mudah dengan mengelompokkan layer-layer yang saling berhubungan, group layer sering digunakan saat kita akan mengedit wajah, jadi bisa dibuat per bagian, misalnya bagian hidung, mata, bibir dll nya.
Selanjutnya ada new layer. Untuk membuat layer baru. bagian ini selalu masih kosong ( transparant) sebelum kita isi.
Ynag terakhir ada delete layer. Fungsinya untuk membuang layer yang tidak kita inginkan.




Ini adalah tampilan layer saat saya mengerjakan tutorial ini. Semakin banyak bagian yang saya masukkan kedalam ruang kerja, semakin panjang juga layernya ^_^


Nah sampai disini dulu pengenalan toolsnya, semoga bisa dipahami, dan besok saya akan post lagi tentang bagaimana cara membuat water mark untuk foto.

Semoga bermanfaat..
xoxo,







2 comments:

Hai! :) Terima Kasih sudah mampir ke blog ini , semoga blog ini memberikan manfaat bagi semuanya.. Silakan tinggalkan komentarmu atau pendapatmu ya.. ^_^