Tuesday, September 8, 2015

BIKIN WATER MARK UNTUK FOTO BLOG YUK!

Haiii!!!

Post tentang editing ini saya lanjutkan ya... Mengingat kejadian copy isi blog dan penyomotan foto yang tidak bertanggung jawab dan merugikan pihak blogger dan konsumen, saya juga mau membantu.. Kalau kemarin temen-teman sudah mengenal kulit luar dari tools nya, sekarang saya mau kasi tutorial untuk water mark nya. Semoga mudah dipahami ya... Kali ini saya menggunakan seri photoshop cs 6 ^_^ sama aja kok... 

Oke, saya ,mulai ya...





Pada photoshop CS 6 tampilan ruang kerjanya adalah seperti ini. lebih elegan dengan warna hitamnya hehehehe... ^_^


Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat file baru.
Klik file > new ( ctrl + N)
Tampilan menu pop up new file adalah seperti ini

Di situ ada nama file , rubah ukurannya menjadi centimeters , panjang x lebarnya dan juga resolusinya menjadi 300 dpi. kalau sudah klik ok.


Ini yang saya buat, ukurannya 15 x 10 cm dengan resolusi 300 dpi.

Kertas putih ini siap kita isi dengan tulisan atau gambar untuk water mark kita.


Selanjutnya, arahkan kursor ke sebelah kiri. Pilih icon text tool. Pilih font nya dan ukurannya. Jika sudah arahkan lagi ke bidang putih tadi, klik disana dan mulailah menulis sesuatu.

Tentukan ukuran fontnya

Pilih jenis hurufnya


Jika kamu merasa tulisan yang dibuat terlalu kecil dan ingin dibuat besar tanpa mencari lagi berapa ukurannya, gunakanlah tombol di keyboardmu. Tapi pastikan kamu sudah mengaktifkan bagian atas ini sebelum melakukannya.

Jika kamu mengklik itu maka akan muncul 4 sudut yang bisa dirubah ukurannya. Caranya, sambil menekan shift di keyboard arahkan di salah satu sudut, klik disana dan kamu bisa membesarkan atau mengecilkan gambar atau text. Ingat ya sambil tekan shift agar tulisan atau gambarmu bentuknya tetap presisi dan tidak gepeng.


Selanjutnya, coba kamu lihat panel layer. Ada tulisan di atas layer background. Tulisan yang kamu buat itu disebut dengan layer pertama.
Pastikan kamu tetap mengklik layer text ya, dan buat layer background menjadi tidak terlihat dengan cara tutuplah tanda mata yang ada di samping layer background.
Tampilan background akan jadi transparant setelah icon matanya di tutup.
Selanjutnya, kembali lihat panel tools di sebelah kiri, pilih crop tool. Potong text sesuai dengan yang dikehendaki.
saya crop menjadi seperti ini
Lalu klik enter di keyboard kalau sudah sesuai keinginan.
Perhatikan lagi text di panel layer. Kita akan membuatnya menjadi bukan text lagi, melainkan layer biasa. Caranya adalah lihat kembali panel tools, klik eraser tool yang berada di atas gradient tool. 
Arahkan kursor ke bidang kerja. Jika muncul tanda seperti dibawah ini, tidak perlu kuatir, lanjutkan saja dan klik ok.

Sekarang, text beauty blogger sudah berubah menjadi layer. Bisa di lihat di panel layer, tanda textnya sudah tidak ada.
Selanjutnya, kita akan membuatnya menjadi brush. Caranya, klik menu select > all (ctrl + A). Akan muncul garis putus putus yang tandanya garis itu sudah menseleksi seluruh sudut dari bidang itu.

Selanjutnya, kembali ke menu edit > define brush preset. Akan muncul pop up seperti ini, isi nama untuk brushnya. Namanya bebas dan saya memberi nama 'beauty blogger' jika sudah klik tombol ok.




Sekarang kita sudah punya brush baru , saatnya mencoba...
Buat file baru lagi dengan cara yang sama dengan di awal tadi. Kemudian klik icon brush, carilah brush kita tadi di bagian paling bawah. tentukan besarnya brush. 






Sebelum mulai mencoba brush baru, sebaiknya kita membuat layer baru diatas layer background. Klik saja icon new layer di sebelah icon tong sampah pada panel layer.


Mari kita coba sekarang brush barunya...


Saya mengklik beberapa kali brushnya, ada banyak tulisan beauty blogger. Namun ini bisa di modifikasi lagi. Caranya dengan memainkan opacitynya. Supaya watermark kita jadi transparan dan menyulitkan seseorang untuk mengeditnya. Caranya,


Saat kamu masih mengklik brush tool, lihatlah ke atas. Ada barisan tools tambahan di atas sana. Itu adalah pengaturan untuk brush tool. Rubahlah opacity brush kamu. Saya contohkan dari yang 100% sampai yang 15%


Nah sekarang cobalah pada gambar salah satu foto review kamu..


Horeeee!!! Water mark kamu sudah jadi!! ^_^ Selama software photoshopmu tidak dihapus selama itu pula water mark kamu aman tersimpan disana. ^_^ 

Oiya, kamu boleh menyimpan file asli dari water mark mu ini dengan cara klik file > save as > ok.

Sekian tutorial dari saya, 
Selamat mencoba! ^.^
Semoga ini bermanfaat dan kita bisa mencegah foto kita di colong orang. :)
xoxo, 











2 comments:

  1. kalau aku karena gbs adobe aku pake phonto ce via hape hihi nice post anyway membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe iya, ini salah satu cara klo pake komputer bikin reviewnya yu ^^ tq udh mampir yuk.. :)

      Delete

Hai! :) Terima Kasih sudah mampir ke blog ini , semoga blog ini memberikan manfaat bagi semuanya.. Silakan tinggalkan komentarmu atau pendapatmu ya.. ^_^