Thursday, August 27, 2015

PERKENALAN PERTAMA DENGAN SOFTWARE EDITING PART 1

Hai! :)

Apa kabar cantik.... ^_^
Kali ini saya membuat post yang agak berbeda, bukan tentang beauty, tapi ada hubungannya dengan beauty itu sendiri. Mau tau? Yuk, saya bahas beberapa hal yang saya tau.. 

Tampilan foto yang ga buram , ga gelap, cahayanya enak dimata itu susah lho untuk dibuat. Tapi tenang, saya ga kasi tutorial teknisnya kemera, tapi teknisnya editing setelah foto itu diambil.

Kemarin saya sempat membahas beberapa blog yang tampilannya sedap dipandang ya... Pada tau gak rahasianya mereka ? Itu karena mereka memakai sedikit usahanya untuk mengedit foto mereka sebelum tampil di blog. Trus foto-foto seperti apa aja yang wajib di edit? Kita akan edit fotonya dengan software photoshop. Oke, kita mulai ya...

Sebelum masuk ke proses editing, teman cantik harus tau dulu setiap tools yang akan kita gunakan di photoshop. Saya jelaskan agak panjang ya.. Semoga bisa dipahami. Sebenarnya bisa aja saya kasi tau tipsnya supaya foto itu jadi cantik, tapi ga ada salahnya untuk belajar beberapa tools yang cukup sering digunakan dan penting peranannya.

Oke, saya mulai dari ruang kerja di photoshop. Bentuknya seperti ini :



Ini adalah bidang kerjanya, saya ambil foto dari bahan review ^.^

Bisa dilihat ya, di bidang kerja bagian paling atas ada deretan tools yang cukup banyak, saya akan perkenalkan satu persatu, dimulai dari File. Apa aja isi dari file itu?



Di dalam tools File ini berisikan bebrapa hal penting yang sering dipakai saat kita mengerjakan editan. Saya bahas satu persatu yang saya beri tanda kotak.
  • New : digunakan untuk membuat file baru
Paling atas ada namanya Name , itu untuk memberikan file kita nama. Boleh dilakukan diawal boleh juga dilakukan nanti saat kita akan menyimpan file itu. Dibawahnya lagi ada Preset, apa itu? Preset adalah settingan ukuran kertas, karena contoh ini adalah hasil dari screen shoot jadi secara otomatis akan terset clipboard. Di bawahnya lagi ada angka dalam ukuran pixel. Angka itu bisa diganti dalam ukuran mm, cm , dan pixel di tanda segitiga terbalik itu. Kemudian, tentukan resolusi dari file itu. Dicontoh ini saya membiarkan resolusinya menjadi 72 pixel/inch. Dibawah resolusi ada Color Mode, saya set menjadi RGB Color 8bit. Lalu selanjutnya ada Background Contens , saya pilih warna putih (white). Di samping kanan ada Image Size. Dalam ukuran clipboard, 3MB adalah standarnya. Size ini dapat berubah menjadi lebih besar ataupun lebih kecil setelah nanti datanya kita olah.


Jika segitiga terbalik pada panel Preset di klik, maka akan muncul beberapa jenis ukuran kertas/bidang kerja yang bisa dipilih.
  • Open : digunakan untuk membuka sebuah file / beberapa file sekaligus.

  • Close : digunakan untuk menutup file yang sudah selesai / file yang tidak ingin dikerjakan.
  • Save : digunakan untuk menyimpan hasil editing dalam format psd (file masih bisa berupa layer )
  • Save as : digunakan untuk menyimpan hasil editing dalam format jpeg. Ini yang terumum.

  • Print : digunakan jika file itu akan dicetak.

  • Exit : jika hendak keluar dari ruang kerja.
Setelah file, kita menuju ke Edit


Di baris edit, kita akan temukan :
  • Cut : untuk memotong gambar/text
  • Copy : untuk menduplikasi gambar / text
  • Paste : untuk mengembalikan gambar / text yang sudah terpotong oleh cut. bisa juga untuk menggandakan hasil dari copy.
  • Free transform : digunakan untuk merubah bentuk dari gambar / text
  • Transform : hampir sama dengan free transform cuma penggunaannya lebih spesifik.
  • Define Brush Preset : untuk membuat custom brush. 
  • Define pattern : untuk membuat pola custom
  • Define custom shape : untuk membuat bentuk yang custom
Ini tidak saya jelaskan dulu, karena penjelasan ini menyangkut ke bagian tools yang akan saya jelaskan di part selanjutnya , mohon bersabar ya... Mengenal kulitnya aja dulu gpp ya... ^_^
Selanjutnya kita ke baris Image. Ada apa aja?

  • Mode : di dalam Mode ini ada lagi bagian-bagiannya.
Di situ ada Bitmap , Grayscale, Duotone , Indexed Color, RGB Color , CMYK Color, Lab Color, Multichannel. Nah yang paling sering nanti muncul saat kita akan melakukan editing adalah RGB Color dan keterangan 8bit/Channel. Sebelum beranjak dari Mode ini, perlu diketahui dulu, apa kepanjangan dari RGB & CMYK . RGB : Red Green Blue. Ini adalah warna dasar (warna primer). CMYK : Cyan Magenta Yellow Black. Ini adalah warna sekundernya. Dalam gambar seperti ini :

Editing di photoshop sebagian besar menggunakan format warna RGB dan nanti jika file itu akan dicetak di kertas secara massal, format warna ini akan dirubah menjadi CMYK, sedikit lebih gelap dari warna asli file di komputer. Itu ga terlalu masalah bagi kita yang tidak komersil, tapi akan jadi masalah besar bagi company yang besar. Ini berimbas pada pencitraan logo mereka, akan aneh jika warnanya tidak sama.


  • Adjustment : Didalam adjustment ini terdapat pengaturan gelap terang , pengaturan warna, pengaturan brightness/contrast.
Bagian-bagiannya yang nanti akan sering dipakai adalah :
- Levels : gunanya untuk mengatur tingkat kecerahan foto.
short cutnya : CTRL +L
Dalam standar yang belum dirubah sama sekali, ukuran levels sebuah gambar adalah angka yang saya lingkari itu.


Kita bisa menggeser besar kecilnya angka itu ke kiri dan ke kanan untuk memperoleh sebatas mana kita inginkan tingkat kecerahannya. Lihat perbedaannya pada preview.

Di bagian bawahnya juga bisa kita atur, sebatas mana kita inginkan gambar tersebut lebih transparat atau lebih gelap dari sebelumnya. Sesudah diatur, klik tombol OK.


- Curves : gunanya untuk mengatur tingkat kecerahan foto juga, sama dengan Levels, cuma pada curves penggunaannya sedikit berbeda.
Short cutnya CTRL + M.
Tampilan curves yang belum dirubah kurvanya. Oiya, di bagian Levels ataupun Curves ini kita juga bisa menjadikannya settingan auto dengan menekan button auto, maka bisa diliat di gambar bawah, kurva itu sudah berubah. Tapi settingan auto ini hanya bisa 1 x pakai saat file ini masih originalnya. Maksudnya gini, saat kamu mengklik auto untuk 1 buah file dan kemudian kamu simpan, lalu kamu buka kembali, dan menset auto kembali, tidak akan ada perubahan tingkat kecerahannya lagi. Berbeda dengan saat kamu tidak menggunakan settingan auto ini.

Kurva auto , garis kurvanya bergeser kebawah dan sedikit ke atas.

Di bagian kirinya terdapat kotak kecil yang bisa dimainkan kurvanya.
Penjelasan gambarnya bisa dilihat di bawah.

Saat saya meletakkan 1 titik sebagai awal dari menarik kurva, ada 2 kolom angka yang langsung terdeteksi. Iya, itu adalah nilai dari titik kurva yang saya buat itu. Nilai itu bisa berubah sesuai dengan seberapa tinggi kurva yang akan dibuat. Bisa lihat gambar di bawah ini ya, kurvanya sudah saya tarik ke atas, dan angka kurva kembali berubah.

Di gambar ini, preview saya matikan, memang tidak terlihat perubahannya, tetapi saat previewnya saya nyalakan, ada perubahan tingkat kecerahan pada gambar yang di bawah ini.

Nah, jika kamu tidak ingin menggunakan kurva yang sudah ada, dan ingin membuat sendiri garis kurvanya, disebelah kotak kecil itu lagi ada 1 kotak kecil lagi, klik disitu dan mulailah menggambar seberapa besar kurva yang diinginkan.


Saya coba menggambarnya, ternyata hasilnya gambar contoh saya jadi terlalu terang.
Setelah semuanya oke dan sesuai kamu bisa klik OK dan jika belum sesuai dan melakukan kesalahan, bisa klik cancel, maka gambar aslinya masih bisa diperbaiki kembali.



- Color Balance : Untuk membuat warna menjadi lebih seimbang. Koreksi ini biasanya digunakan untuk koreksi warna kulit supaya sesuai dengan aslinya.
Short cutnya : CTRL +B

Tampilan panel color balance sebelum di rubah komposisi warnanya adalah seperti gambar diatas ini. Bagian atas ( Color levels) nilainya akan sangat berpengaruh pada pembagian warna-warna di bawahnya, lebih jelasnya bisa diliahat di gambar bawah. Selain color levels, di panel ini juga terdapat Tone Balance, yang dibagi lagi menjadi Shadow, Midtones , Hightligts.

Yang ingin saya rubah adalah warna alis pada gambar contoh itu. Saya mencoba menggeser warna cyan dan yellownya, perhatikan perubahan di bagian atasnya. Saya berada di bagian Midtones
Lalu saya juga ingin merubah shadownya, saya menggesernya ke arah cyan, yellow dan magenta.


Terakhir saya ingin juga merubah highlights nya. Saya meggesernya ke arah cyan, magenta dan yellow. Untuk melihat sejauh mana perubahan warna itu, kamu bisa klik button preview di sebelah kanan.


Foto dibawah ini adalah before afternya. Berubah ya... Tapi ini jadinya terlalu yellow karena saya memang tidak menerapkan curves / levels pada gambar ini.


- Brigtness / Contrast : Panel ini juga digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan sebuah foto.




Panel Brigthness / Contrast yang belum di rubah adalah seprti ini, hanya ada 2 bagian yang bisa di rubah dengan cara mengetikkna angkanya atau dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri.
Pada gambar di bawah ini, saya menggesernya ke kanan untuk membuat tampilan gambar ini menjadi lebih cerah.
Dan pada gambar ini panel saya geser ke arah kiri, tampilan gambar menjadi lebih gelap. 



Berikut adalah hasil dari editing menggunakan Brigtness / Contrast 




Dari yang sudah di bahas diatas, semua foto bisa menggunakan lebih dari 1 jenis editing. Saya contohkan yang saya maksudkan.
Tadi saya menuliskan bahwa gambar alis itu belum diedit lagi selain editing color balance, nah di gambar berikut ini, alis dan wajahnya sudah saya edit menggunakan curves, level dan brigthness/contrast.





Kalau tadi terlalu yellow, sekarang sudah lebih mendekati warna kulit saya ^_^



Sampai disini bagaimana? Sudah pusingkah? Hehehehehehe... Ini baru 3 bagian lho... Masih banyak lagi panel atas yang akan saya share.. :D
Saya cukupkan part 1 sampai disini dulu.. Saya akan segera menyambung part 2 nya :)

Semoga ilmu editing ini bermanfaat bagi semua pembaca ^_^
xoxo,










4 comments:

  1. Postingan nya sangat2 membantu sekali ;)

    ReplyDelete
  2. aku nunggu post ini loh ce hihi kapan dilanjut ce?gak sabar nih, thx fore sharing^^


    isthiutamid.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai! :) Terima Kasih sudah mampir ke blog ini , semoga blog ini memberikan manfaat bagi semuanya.. Silakan tinggalkan komentarmu atau pendapatmu ya.. ^_^