Thursday, March 19, 2015

KESALAHAN DI FOTO BLOG

Hai all... :)

Jumpa lagi sama saya... Apa yang akan kita bahas hari ini? Bahasan ini saya berikan untuk sesorang yang kemarin menanyakannya.
Hari ini saya mau membahas hal yang sering saya jumpai di blog teman-teman. Ini soal foto di dalam blog. Masing-masing dari kita tentunya sudah sering memposting foto untuk blog kita ya, tapi apa kalian melakukan proses editing atau langsung dari kamera di post di blog?

Ada beberapa hal yang sudah saya pelajari mengenai ini. Diawal-awal saya nge-blog, kualitas foto dan pencahayaan foto saya tidak bagus, tidak menarik. Bahkan saya sembarangan aja menggunakan background untuk foto produk yang saya review. Melihat hal itu, untuk selanjutnya saya mulai belajar menggunakan background yang sesuai. Kenapa begitu? Hal ini ternyata sangat mempengaruhi pembaca lho.. Pembaca senang melihat gambar-gambar yang menarik. Sekarang saya semakin memperbaiki diri ^.^

Saya tipe yang selalu belajar dari kesalahan yang saya buat, dan sebisa mungkin tidak diulangi lagi. 
Berikut bisa dilihat tampilan foto saya jaman awal nge-blog dengan yang sekarang

Post saya yang dulu asal pake background

Mulai belajar menggunakan backgorund yang tepat
Terlihat gak bedanya?

Lalu soal foto-foto yang diedit dulu sebelum di post, itu perlu gak? Menurut seorang teman blogger saya, foto polos dan foto edit itu bagaikan bare face dengan makeup. Apakah makeup itu dilarang? Tentu tidak ya, jadi mengedit foto sebelum naik ke post itu adalah hal yang wajar. Sebenarnya tujuan dari editing itu bukan merubah apa yang sudah ada, tapi menyempurnakan sesuatu yang dirasa belum bagus.

Berikut ini adalah contoh dari foto yang langsung masuk ke blog tanpa edit

Ini foto milik seorang teman blogger. Dewi Yang. Lihat jerawat di sekitar bibirnya?
 Foto ini memang di fokuskan ke area bibir, tapi akan lebih bagus jika area bibir yang penuh jerawat itu di tutup dengan bedak atau dilakukan editing ringan.
Bandingkan dengan foto dibawah ini, yang sudah dilakukan editing ringan

Mana yang lebih enak dipandang?
Contoh lain adalah foto full face. Kadang mungkin kita sering lupa makeup wajah tapi leher kita lupa di poles. Saya sering seperti itu >,< Saya beruntung sekali dulu saya sudah mempelajari ilmu merubah warna di editing foto. xixixixi... seperti ini contohnya.

Ini saya bukan lupa untuk memoles bedak pada area yang saya lingkari. Tapi ini karena saya kepanasan, jadi makeup saya berantakan :(

Setelah dilakukan proses editing yang agak rumit untuk orang awam, hasilnya lebih enak dipandang yah ^.^
Dilain post saya akan bahas bagaimana teknik editing nya ^_^
Tapi kalian bisa koq cari software editing yang gampang dipelajari. Kalau saya, lebih suka pake photoshop. Sudah sehati hehehehe....

Lalu masalah apa lagi yang sering kita jumpai saat kita berkunjung ke blog lain atau mungkin sering kita lakukan juga? 

Kita mungkin sering melakukan hal ini, memberikan efek berlebih pada foto. Memang tujuan kita baik ya, agar foto itu tampak lebih menarik, tapi apa jadinya kalau terlalu berlebihan seperti ini?

bisa diliat yah pixel fotonya sampai keluar. Ini saya bingung sendiri tujuannya apa membuat fotonya jadi seperti ini. Ini milik salah seorang blogger yang fotonya saya ambil untuk contoh.
Lalu apa lagi yang sering kita lihat di blog? Yup, foto yang gelap! Ini cukup mengganggu mata ya... Lalu diapakan kalau fotonya gelap? Kalau bisa lakukan sesi pengambilan foto di ruang yang ada cahayanya, kalau terpaksa ga ada tempat seperti itu, kamu bisa menggunakan cahaya lampu. Jangan sekali menggunakan flash pada kamera, itu hasilnya buruk sekali. 

Contoh produk yang difoto hasilnya gelap

menurut saya, maksudnya jadi tidak terlalu sampai.
cahayanya sudah diperbaiki
Lalu masalah apa lagi yang sering muncul atau sering mengganggu pandangan mata? Foto yang kabur. Ya! itu termasuk masalah berat bagi saya. Kadang saya malas membaca sebuah blog jika fotonya banyak yg blur v.v Foto kabur dengan foto yang sengaja dibuat kabur itu beda lho... kadang sayapun sering melakukan hal itu. tapi sebisa mungkin tidak saya post di blog.
Berikut contoh dari foto kabur

Lihat kan, fotonya sedikit bergeser. ga sedap dipandang mata >,<

Ini blurnya fatal banget. Harusnya ga di up di blognya

foto ini sengaja saya buat jadi blur di area luar dari produk
Lalu masalah apa lagi? Fokus foto sering jadi masalah juga kan... Kita maunya foto apa malah dapetnya apa. Ini sebenernya cuma karena teknis kamera aja. Perlu berkali-kali pengambilan sampai lensa kamera menjadi fokus.

Foto ini fokusnya lari secara keseluruhan. Informasi apa yang bisa diliat?
Ini kesalahan kamera yang sering terjadi saat saya akan membuat review. Perlu berulang kali pengambilan agar fokusnya di bagian yang seharusnya.
Ini terlihat lebih fokus ya pada kuasnya
 Kesalahan lainnya adalah background yang terlalu show off. Kadang saya masih sering melakukan kesalah itu, namun saya sering memperbaikinya setelah foto itu di edit. Contohnya seperti ini.

Semua elemen ingin tampil. Jadi bingung mana yang diutamakan

setelah di edit, lebih terfokus pada produk yang di review
Yup saya rasa cukup sekian aja pembahasan saya mengenai hal ini, nanti jika ada informasi lainnya post ini akan saya update kembali. Terima kasih buat semuanya...
xoxo,








10 comments:

  1. hiks! aku pernah dan masih ngelakuin kesalahan2 kayak gitu. terutama soal blur karena susah bikin kamera tetep fokus di dalam ruangan >_<
    makasih, kak udah share. boleh lho bagi2 ilmu soal editing foto :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga sering begitu. kadang kesel juga kamera ga bisa fokus. boleh aja, pasti di share soal editing. tunggu di post berikutnya ya... :) tq udh mampir ^.^

      Delete
  2. akhir nya ada juga yang berbaik hati mengoreksi foto aku *peluk peluk. thankyou cici ^^

    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. nice tips Cici Lina :) Bisa tambah pengetahuan teknik foto deh ^^

    ReplyDelete
  4. foto applicator lippies emg paling susah ya buat dpt fokusnya TT

    Join my giveaway! ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ^^ perlu sekian kali jepret baru dapet yang pas :)

      Delete

Hai! :) Terima Kasih sudah mampir ke blog ini , semoga blog ini memberikan manfaat bagi semuanya.. Silakan tinggalkan komentarmu atau pendapatmu ya.. ^_^