Saturday, January 17, 2015

SHARING TIME - PHOTO DI DALAM SEBUAH BLOG PENGINSPIRASIKU

Hai! :) 
Hari ini saya tidak mereview produk, tapi saya ingin bercerita, ini pengalaman saya dan ingin saya bagi, saya harap ini bermanfaat ^.^


Oke, Apa sie maksud dari judulnya? Ini baru saja terlintas setelah saya membaca sebuah blog. Saya dulunya kerja di dunia fotografi, saya sering melihat foto dari yang super bagus, bagus, biasa aja, sampai yang jelek. Memang seni tidak terbatas pada bagus dan jelek, namun sebuah seni bisa menjadi tidak berseni karena kualitas dari sebuah foto. Bicara soal foto, Foto adalah elemen pertama yang pembaca lihat saat membaca tulisan kita. Untuk itu kualitas foto yang ditampilkan juga harus menunjang. 

Ada beberapa blog yang saya suka sekali lihat foto-fotonya. Salah satunya Silver Treasure milik Nindya. Dia menempatkan obyek foto dengan baik, tentunya dengan kualitas cahaya yang baik pula.

Ini saya ambil dari blognya Nindya. Nindy berhasil membuat body lotion kelas 'murah' tapi berkesan tidak murahan. Penempatan obyek dan cahaya serta editing after pengambilannya pas menurut saya :)

Contoh lain adalah blog milik My Lovely Sister. Saya suka blog ini, teknik fotografinya bagus. Mereka menempatkan obyek foto dengan sangat bagus, enak dipandang mata.

Ini saya ambil dari blog mereka, berbeda dengan Nindy yang clean, ini sedikit warm pencahayaannya, tapi produk yang ditampilkan tetap jelas terlihat. 

Lalu ada blog siapa lagi yang menginspirasi saya?

Blog berikutnya milik seorang MUA yang saya selalu suka makeupnya, Mukti Lim. Blognya clean, menarik, dari segi pengambilan gambarnya juga menarik ^.^

 Di gambar ini Mukti mereview sebuah soflens yang masih ada di dalam box. Sebenarnya jika Mukti tidak menambahkan bunga dan logonya di dalam foto itu, foto akan terlihat biasa saja. Jadi penambahan item tertentu itu berpengaruh pada hasil foto disamping dengan pencahayaan dan editingnya. 

Masih ada lagi? Masih donk, saya mengambil contoh dari teman-teman aja yang saya perhatikan dan terus saya pelajari ^.^ Saya memposting ini bukan karena saya merasa diri hebat ya, tapi ini adalah pendapat saya tentang mereka, orang-orang yang menginspirasi saya ^.^


 Oke, Blog berikutnya milik Esy Syamsiah, Lunatic Vixen. Walaupun dari segi pencahayaan foto blog ini masih belum sebagus blog Nindy, cuma yang saya suka dari blog ini adalah pemilik blog bercerita mengenai produknya secara alamiah. Kalau dari segi kualitas foto, hanya perlu sentuhan sedikit editing aja.


Saya ambil dari blognya, memang tidak banyak yang berubah, hanya warna background jadi lebih terang. Saya hanya merubah dan menajamkan warnanya saja.

Contoh lain dari foto yang cahayanya perlu sentuhan editing adalah foto milik blog Tips Cantik Manda dan blog milik Shanty Huang. Baru saya perhatikan, pengambilan fotonya asik, cuma cahayanya masih flat, alias belum tersentuh editing. Saya coba menguliknya, beginilah hasilnya..

Asik ya fotonya, cute sesuai image dari produknya. Foto bawah yang sudah saya ulik cahayanya. Lebih bagus mana?

Ini foto milik Tips Cantik Manda. Mirip dengan foto Mukti Lim. Tapi apa yang membuatnya berbeda saat dilihat pertama kali (foto asli)? Cahayanya yang berbeda. yang tersentuh editing lebih enak dilihat ^.^ Ya kan?

Seiring berjalannya waktu saya juga melihat beberapa teman blooger yang masih kurang bagus cahaya, dan kualitas foto di dalam blognya. Benar apa yang dikatakan dalam blog Nindy, kalau bisa saat kita akan membuat sebuah review produk sebaiknya dilakukan di siang hari dengan cahaya matahari. Foto yang dihasilkan akan lebih bagus daripada jika kita mengambilnya di malam hari dengan bantuan cahaya lampu. 

Untuk menunjang foto yang bagus, sekarang saya beritaukan rahasia di photoshop untuk mendapatkan cahaya yang bagus dan hasil foto seperti yang saya contohkan diatas. Mau belajar ga?

Saya akan menggunakan foto dari blog Shanty Huang ya. Saya suka foto produk itu, kesannya cute banget :D

Mari kita mulai!

Step pertama, siapkan fotonya di lembar kerja photoshopmu

Tampilannya seperti ini di lembar kerja photoshop saya.

Step 2 : Mulai dengan memberi curves. Klik icon yang ada di panel layers, pilih curves, nanti akan muncul tampilan seperti ini

Tarik garis curves ke atas, jika kamu ingin cahayanya lebih terang atau sebaliknya, tarik ke arah bawah jika kamu ingin menggelapkan foto.
Perhatikan gambar pertama dan kedua, sudah terlihat bedanya? Sedikit ya... Yuk lanjut lagi, 

Setelah kita mengkoreksi curvesnya, sekarang kita koreksi level dari foto ini. Klik level dan nanti akan muncul tampilan seperti ini

Setiap angka itu ada artinya , sudah saya tulis maksud dari angka-angka yang bisa dirubah itu.

Step berikutnya, ini yang terakhir mengatur brightness /contrast dari foto ini. Tampilan nya seperti ini

Atur sesuai keinginan dan komposisi enak dipandang mata, jangan terlalu terang atau terlalu gelap.


Untuk foto yang sudah bagus seperti contoh ini, hanya butuh 3 step ini aja untuk membuatnya lebih cantik lagi ^.^ dan editing ini bisa di gunakan untuk foto yang mirip cahayanya. semacam copy paste gitu.. 

dan hasil akhirnya adalah...


Lebih cantik kan lip balmnya dengan sentuhan editing ^.^

Ayo segera rubah tampilan fotomu agar blogmu lebih ramai pengunjung ^.^
Semoga tips saya bermanfaat ya!

*dan saya minta maaf buat blog yang jadi contoh disini, blog kalian menginspirasi saya dalam menulis ini. terima kasih teman-teman cantikku :* muach!

xoxo,




13 comments:

  1. Ceeee Linaaaa jadi terharu namaku masuk di blog ini! >.<

    Makasi yaa, seneng kalo post-ku bisa bermanfaat. Itu trik editing-nya hampir mirip punyaku hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^^b iya Nin... kamu mmg menginspirasi... :D
      di photoshop banyak cara untuk jadi cantik, itu cara termudah yang bisa dicoba oleh org awam. ada lagi teknik yang lainnya, nanti kapan-kapan aja di share hehehehe...

      Delete
  2. Lina, makasih banyak saran dan kritikannya :*
    Iya aku belum bias photoshop, jadi fotonya asli dari camdig terus aku namain gtu aja pake photoscape
    kayanya emang harus belajar photoshop supaya bikin foto yang lebih bagus lagi

    Makasih banyak juga Lina tutorialnya. bakalan coba untuk foto blog selanjutnya :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Man, ^^ sama-sama.. mari kita sama-sama belajar :D

      Delete
  3. Hahaha thank you ya Mak Lina. Kl soal pencahayaan aku emang sengaja ga bikin terlalu terang krn takut org silau liatnya. But iya sih kl pas udah upload jadinya sedikit gelap. Thanks alot buat sumbangsih saranmu mak, muah!

    ReplyDelete
  4. waa linaaa... thank you banget... jadi maluu... seneng bisa menginspirasi :D

    ReplyDelete
  5. Thabks ya saran dan kritiknya, editing mang susah susah gamoang kadang di komputer warna berasa uda pas banget eh pas tampilan di smart phone berasa gelap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalibrasi layar komputer n smartphone mmg beda shan... itu karena kerapatan warnanya juga beda. kadang sesama monitor aja bisa ga sama.. hehehehe maap ya fotomu jadi contoh di postku ^.^

      Delete

Hai! :) Terima Kasih sudah mampir ke blog ini , semoga blog ini memberikan manfaat bagi semuanya.. Silakan tinggalkan komentarmu atau pendapatmu ya.. ^_^