Saturday, May 3, 2014

DIBUANG SAYANG - EDISI EDITING FOTO

Hai dearr.... :)

Akhirnya aku bisa update blog lagi.... Kemarin itu super sibuk =.= sampe ga ada waktu buat tengok blog, mata capek, berkunang" v.v rasanya mau bobok ajaaa.... ZzzzZzzz....

Oke, alasan kenapa aku sesibuk itu adalah karena aku lagi nyelesaiin album pernikahan klien. Nah membahas soal foto, mengawali bulan Mei , di post kali ini aku akan berbagi sama kalian semua gimana caranya ngatasin foto" yang jelek secara pencahayaan. Misalnya gelap. ato terlalu over :)

Pasti pernah donk pas kita mau bikin review, foto yang kita ambil itu cahayanya ga bagus, hasilnya gelap ato malah terlalu terang. Hasil akhirnya karena ga ada foto yang bagus, ga jadi mereview :( sayang banget kan.... Untuk itu mari kita belajar ilmu baru, sepersekian dari ilmu digital imaging,  yang paling dasar dari koreksi foto ^.^

Aku memang ga terlalu mahir di bagian editing foto, ga sampe super keren soal digital imaging hehehe tapi tetep aja aku akan berbagi apa yang kubisa, apa yang telah kupelajari. oke, mari kita mulai belajarnya. ^.^)/

aku jelaskan dengan gambar, semoga bisa dipahami ya :)

Sebelum mulai editing, pastikan sudah punya program photoshop ya...
Photoshop udah ga asing kan... udah banyak yang terinstal di komputer ato laptop :)

Oke, let'gooooo!!! :D

Nyalain komputer ato laptopmu
Mulai yah....
Aktifkan program photoshopnya. Versi dari photoshop bebas aja, kalo aku photoshopku CS3

ini disebut ruang kerja, tampilan default nya lebih kurang seperti ini

import gambar yang mau diedit. caranya : klik file > open 

 gambar sudah di dapat, hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa kondisi dari gambar, di foto ini yang gelap adalah bagian tengahnya. Jadi kita terangkan secara global dulu. Klik CTRL + M
akan muncul pop up seperti gambar

geser kursor ke atas, perhatikan perubahan foto

ulangi lagi CTRL + M

perbedaan sementara

selanjutnya, klik CTRL+ L atur terang gelapnya

angka berubah setelah kursor diarahkan ke kiri

selanjutnya, klik imange > adjustment > brighness / contrast

pop up brigness/contrast

geser ke arah kiri = untuk +gelap
geser ke arah kanan = untuk +terang
klik ok

 ulangi lagi, CTRL + L
geser kursor ke kanan, ok

 level yang sudah berubah

ulangi lagi brighness/contrast nya

finish :)

Gimana??? ^.^ ga susah kan.... 
semoga bisa membantu yah....
cu next tutorial...
bye...
xoxo,



No comments:

Post a Comment

Hai! :) Terima Kasih sudah mampir ke blog ini , semoga blog ini memberikan manfaat bagi semuanya.. Silakan tinggalkan komentarmu atau pendapatmu ya.. ^_^